Herbal

Wedang Jahe : Obat Alami Penghancur Lemak

Jahe - Ginger
Jakarta (Sehat Tanah Impian) - Jahe termasuk dalam daftar 10 besar makanan penghancur lemak. 

Jahe adalah 'edible amphetamine' yang dapat meningkatkan metabolisme hingga 20 persen, Hal ini berarti dapat mempercepat proses pencernaan makanan, yang tidak menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

Selain rasanya yang hangat, pedas, dan eksotis, dengan mengandung segudang zat yang berguna bagi tubuh, maka tidak heran jika Wedang (Minuman) Jahe terkenal sejak dulu di mancanegara.. 

Kegunaannya, antara lain :

  • Jahe dapat berfungsi melebarkan pembuluh darah dan membakar lebih cepat kalori menjadi panas tubuh dengan cara yang mirip dengan bawang putih, cabai, lada, kayu manis, mustard dan kari. 
  • Jahe hanya mengandung sedikit kalori, yakni sekitar 1 kalori per gram, sehingga tidak akan berkontribusi untuk menaikkan berat badan, justru mampu menurunkan berat badan.
  • Jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah, sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuh pun menjadi lebih hangat, kerja jantung memompa darah lebih ringan, yang berakibat tekanan darah menjadi turun.
  • Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting. Pertama, protease yang berfungsi memecah protein. Kedua, lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan.
  • Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, dan serangan jantung.
  • Jahe memiliki Gingerol yang membantu menurunkan kadar kolesterol, juga memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang menyebabkan perut berkontraksi, sehigga timbul rasa mual. Misalnya pada orang yang mengalami mabuk perjalanan. Jadi, untuk mencegah mabuk perjalanan, ada baiknya minum wedang jahe sebelum bepergian. Caranya: pukul-pukul jahe segar sepanjang 1 ruas jari, masukkan dalam satu gelas air panas. Beri madu secukupnya, lalu minum. Bisa juga menggunakan sepertiga sendok teh jahe bubuk, atau kalau tahan, makan dua kerat jahe mentah
  • Jahe membuat lambung menjadi nyaman, dan membantu mengeluarkan angin. Bisa meringankan kram perut saat menstruasi, atau kram akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.
  • Jahe membantu tubuh melawan pilek dan flu. Jahe mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  • Jahe merupakan pereda rasa sakit yang alami dan dapat meredakan nyeri rematik, sakit kepala, dan migren.

Perlu Dicamkan :

Tumbuhan / Hewan yang disarankan, hanya Tumbuhan Lokal / Hewan Lokal. 

Hal ini mengingat kandungan Tanaman Lokal / Hewan Lokal yang tumbuh dan hidup di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini, sangat berpengaruh pada kandungan Tumbuhan / Hewan itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Foto : Istimewa
Wedang Jahe : Obat Alami Penghancur Lemak Wedang Jahe : Obat Alami Penghancur Lemak Reviewed by matahatinews on 13.37 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.