Herbal

Daun Salam : Mengubah Trigliserida Menjadi Lemak Tak Jenuh Tunggal

Jakarta (SehatTanahImpan) - Siapa sangka manfaat daun salam yang begitu banyak untuk kesehatan, hal ini dapat dilihat dari setiap masakan daging merah, dan daging unggas, pasti Ibu-ibu yang berkearifan lokal, pasti menambahkan daun salam.

Seperti itu merupakan bumbu yang harus disertakan, tetapi sesungguhnya, jika Anda merebus daun salam dalam segelas air, dan mencicipinya, maka tidak akan ada rasanya.

Lalu mengapa harus memasukkan daun salam ke dalam masakan daging, atau makanan lain?

Jawaban sebenarnya adalah karena, dengan kita menambahkan daun salam ke masakan daging, akan mengubah "Trigliserida menjadi Lemak Tak Jenuh Tunggal"

Silahkan mencobanya
Ambil 2 potong ayam, yang satu dimasak dengan daun salam, sementara yang satu lagi tanpa daun salam. Lalu perhatikan jumlah lemak di kedua wajan tersebut.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat daun salam, antara lain :
  1. Menghilangkan kolesterol jahat, dan mengurangi trigliserida dalam tubuh
  2. Daun salam melindungi jantung dari kejang dan stroke, karena mengandung senyawa pelindung kardiovaskular.
  3. Mengobati gangguan pencernaan, dan  membantu menghilangkan benjolan
  4. Mules
  5. Keasaman
  6. Sembelit
  7. Mengatur pergerakan usus dengan minum teh daun salam panas
  8. Daun salam menurunkan gula darah - Hanya dengan berbagai catatan (baca Catatan di bawan) 
  9. Daun salam juga merupakan antioksidan
  10. Memungkinkan tubuh memproduksi insulin dengan memakannya, atau minum teh daun salam selama  sebulan
  11. Sangat berguna untuk mengobati pilek, flu, dan batuk parah karena merupakan sumber vitamin C yang kaya.  
  12. Anda dapat merebus daun salam, dan menghirup uapnya untuk menghilangkan dahak dan mengurangi batuk
  13. Kaya dengan asam, seperti; asam caffeic, quercetin, eigonol dan bartolinide, zat yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh
  14. Menghilangkan insomnia dan kecemasan, jika diminum sebelum tidur, membantu Anda rileks dan tidur nyenyak
  15. Minum secangkir daun salam rebus dua kali sehari, dapat memecah batu ginjal dan menyembuhkan infeksi ...
Perhatian :
  • Hindarilah mengonsumsi daun salam secara utuh, karena daun salam tidak dapat dicerna tubuh, walaupun setelah dikunyah, sehingga berpotensi menimbulkan gangguan pada tenggorokan, atau saluran pencernaan.
  • Sebelum dikonsumsi, pastikan daun salam sudah dicuci dan dimasak hinga benar-benar matang. Hal ini dikarenakan, daun salam mentah atau kurang matang, bisa jadi terdapat bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.
Hal yang Dilarang
  1. Penderita Diabetes. Hal ini dikarenakan akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan yang sulit dikontrol akibat mengkonsumsi Daun Salam. Penderita Diabetes dapat terkena Hipoglikemia.
  2. Ibu hamil dan Menyusui. Hal ini dikarenakan hingga saat ini, belum ada informasi yang akurat mengenai takaran aman penggunaan daun salam untuk ibu hamil dan menyusui.
  3. Pasien yang akan Menjalani Operasi Pembedahan. Hal ini ditenggarai karena daun salam berisiko mengganggu efek obat-obatan anestesi saat pembedahan dan setelahnya.
Secara umum, mengkonsumsi daun salam adalah aman, akan tetapi jika Anda ingin mengonsumsinya sebagai obat herbal, lebih baik konsultasikan dengan dokter. 

Seperti halnya Susu, dan Kelapa Muda, Daun Salam mungkin dapat menimbulkan efek samping atau memengaruhi obat-obatan yang Anda konsumsi.

Foto : Istimewa
Daun Salam : Mengubah Trigliserida Menjadi Lemak Tak Jenuh Tunggal Daun Salam : Mengubah Trigliserida Menjadi Lemak Tak Jenuh Tunggal Reviewed by matahatinews on 09.51 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.