Entri yang Diunggulkan

Bedakan dulu, apakah Asam Lambung, Tukak Lambung, atau Maag, dan baru obati

Jakarta ( Sehat Tanah Impian ) -  Keluhan tidak selalu sama, atau selalu beda, bagi semua orang. Keluhan bisa berbeda-beda antara satu orang...

Cara Sederhana Atasi Tukak Lambung


Jakarta
(Sehat Tanah Impian) - Mungkin penyakit ini tidak seterkenal dua penyakit lainnya, seperti Maag dan Asam Lambung.

Wajib dibaca, agar tidak mengalami hal yang fatal: Bedakan dulu, apakah Asam Lambung, Tukak Lambung, atau Maag, dan baru obati

Yang sering saya juga baca dikolom keluhan, mereka menulisnya sebagai penderita Asam Lambung. Padahal ada satu hal yang sangat membedakan, yang tidak ada pada gejala Asam Lambung dan Maag.

Pada penderita Asam Lambung dan Maag, penderita tidak terus menerus merasa lapar, padahal belum lama setelah makan.

Satu²nya yang paling membedakan adalah, pada penderita Tukak Lambung, penderita sering merasa lapar, padahal baru 1 jam atau 2 jam selesai makan besar.

Karena seringnya merasa lapar, kadang suka salah diagnosa, dipikir kita menderita Diabetes.

Agar kita segera dapat mengobati sakit yang kita derita, maka ada baiknya merawatnya dengan obat alami yang ada di sekitar kita. Murah tapi tidak murahan.

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Ekstrak bawang putih berpotensi untuk mempercepat pemulihan Ulkus / Ulcer (nama lain dari luka), serta mengurangi kemungkinan seseorang untuk terkena penyakit ini.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2001, mengkonsumsi 2 siung bawang putih setiap hari selama 3 hari, akan membantu mengurangi aktivitas bakteri di dinding usus pada pasien yang menderita infeksi Helicobacterpylori.

2. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang  menjadikan kunyit berkhasiat untuk kesehatan. Dalam uji coba pada hewan, seperti yang dimuat dalam Pharmacognosy Review, kurkumin memiliki potensi untuk mencegah kerusakan akibat infeksi bakteri Helicobacterpylori

Kurkumin juga memiliki khasiat dalam meningkatkan sekresi mukus di lambung untuk melindungi dinding organ tersebut dari penyebab iritasi.

3. Kol (Kubis)

Salah satu obat alami tukak lambung yang populer adalah kol. Bahkan, penggunaan kol telah lama dilakukan bertahun-tahun sebelum munculnya antibiotik.

Dari hasil penelitian Jarosz et al. dalam National Library of Medicine, vitamin C dalam kubis dapat mencegah dan menangani penyakit akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Dari hasil riset yang dimuat dalam jurnal Western Journal of Medicine, 81% dari 100 pasien yang meminum jus kol, berhasil mengalami penurunan gejala tukak lambung dalam satu minggu.

4. Akar Manis (Licorice)

Akar licorice dipercaya dapat menjadi obat tradisional tukak lambung pada beberapa kasus. 

Salah satu laporan hasil penelitisn menyebutkan bahwa akar manis merangsang lambung dan usus halus untuk menghasilkan lebih banyak mukus (Membran mukosa mampu menghasilkan sekresi berupa lendir), yang membantu melindungi dinding lambung serta memulihkan ulkus atau tukak atau luka.

Licorice memiliki juga kandungan yang berpotensi untuk mencegah pertumbuhan bakteri Helicobacterpylori, namun studi-studi yang dilakukan masih dalam bentuk suplemen.

5. Madu

Madu membantu mengatasi masalah lambung, seperti mencegah kenaikan asam lambung dan meredakan heartburn.

Madu memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat membantu masalah lambung. 

Madu memiliki antioksidan, yang bermanfaat untuk kesehatan, yang membantu mencegah terbentuknya luka atau tukak atau ulkus serta merangsang pemulihannya.

Madu memiliki sifat antibakteri, yang diyakini juga membantu melawan bakteri Helicobacterpylori, yang umum memicu tukak lambung. 

6. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Dengan lidah buaya, kiranya Anda dapat membuat sebagai jus, untuk diminum

Khasiat Jus Lidah Buaya  dapat membantu mengatasi Gangguan Pencernaan Kronis

Kandungan gel lidah buaya pun memiliki potensi untuk mengatasi ulkus atau tukak lambung.

Hasil catatan National Library of Medicine, minuman dengan konsentrasi lidah buaya yang tinggi sukses menangani ulkus lambung pada 12 orang pasien.

Namun Anda tetap harus waspada, karena jus lidah buaya memiliki efek samping, seperti diare. Hal tersebut dikarenakan, lidah buaya mengandung antrakuinon, yakni senyawa yang terdapat dalam obat pencahar.

Khasiat jus Lidah Buaya untuk Membantu Atasi Gangguan Pencernaan Kronis.

7. Probiotik

Salah satu potensi manfaat probiotik yaitu merangsang produksi mukus (Membran mukosa mampu menghasilkan sekresi berupa lendir) di lambung. 

Probiotik dalam makanan dapat merangsang pembentukan pembuluh darah, yang dapat membantu mempercepat pemulihan luka, juga  membantu mencegah infeksi bakteri Helicobacterpylori.

Makanan yang menjadi sumber probiotik. antara lain :

  • Tempe
  • Kimchi
  • Kombucha
  • Kefir

Sumber : Dari berbagai sumber

Foto : Istimewa