Duku : Obat Alami Melawan Kanker Kolon

Jakarta (Sehat Tanah Impian) - Buah Duku (Langsat) diperkirakan asli dari Indonesia. Literatur lain mengatakan duku berasal dari Asia Tenggara, yakni Kalimantan di sebelah timur.

Kini buah duku hampir tersebar luas diseluruh wilayah Asia, dan menjadi salah satu primadona buah tropis.

Menjaga kasehatan dengan buah yang mengandung kalori mineral dan zat besi lebih tinggi dari buah Apel, dapat mencegah kanker kolon.

Dimana setiap 100 gram buah duku mengandung; kalori 70 kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. 

Untuk kandungan kalori, mineral, dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Manfaat Duku
  • Mengandung dietary fiber, atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  • Selain daging buah yang segar menyehatkan, bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
  • Kulit kayunya yang rasanya sepet juga dapat digunakan untuk mengobati disentri,  sedangkan tepung kulit kayunya dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas gigitan kalajengking
  • Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.
Jenis duku yang banyak ditanam di Indonesia adalah jenis duku unggul seperti duku komering, duku metesih dan duku condet.

Perlu Dicamkan :
Tumbuhan / Hewan yang disarankan, hanya Tumbuhan Lokal / Hewan Lokal.
Hal ini mengingat kandungan Tanaman Lokal / Hewan Lokal yang tumbuh dan hidup di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini, sangat berpengaruh pada kandungan Tumbuhan / Hewan itu sendiri.


Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Foto : Istimewa