Obat Gatal Alami di Sekitar Kita


Jakarta (Sehat Tanah Impian) - Obat Gatal Alami bisa dijadikan P3K Anda dan keluarga, sebelum mengambil alternatif untuk pergi ke dokter, karena Obat Alami aman untuk digunakan dan mudah sekali ditemukan di sekitar kita. 

Sebaiknya sebelum menggunakan Obat Gatal Alami ini, pastikan kulit Anda cocok. 

Lakukan percobaan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa kulit tidak sensitif dengan bahan tersebut. Jangan sampai justru kulit menjadi semakin mengalami iritasi dan ruam yang parah.

Adapun berbagai Obat Alami tersebut, antara lain :

1. Es Batu

Mengompres bagian kulit yang gatal dengan es batu yang dilapisi kain ke permukaan kulit yang terasa gatal, dapat membantu meringankan gejala gatal. 

Namun jika gatal tak kunjung mereda, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

2. Daun Kemangi

Balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, lalu diamkan selama +  30 menit.

Daun kemangi memiliki kandungan zat anti-gatal yang disebut kapur barus, dan thymol, yang menjadikan daun kemangi cocok dijadikan obat gatal alami.

Antimikroba dan Antibakteri yang dimiliki oleh Daun Kemangi, efektif mengobati beberapa ruam merah pada kulit, termasuk Psoriasis dan Panu. 

3. Lidah Buaya

Bagi beberapa orang dengan kulit sensitif, disarankan untuk mengujinya terlebih dulu, dengan mengoles sedikit lidah buaya pada kulit punggung tangan, untuk mengetahui reaksinya. Bila setelah 24 jam tidak ada tanda-tanda iritasi, maka lidah buaya aman digunakan.

Sementara, untuk kulit yang mengalami ruam merah juga cocok mengandalkan Gel Lidah Buaya, yang dapat  meredakan iritasi dan melembabkan kulit.

Hingga proses penyembuah ruam kulit bisa lebih cepat.

4. Daun Sirih

Balurkan beberapa lembar daun sirih segar dan sedikit kunyit yang sudah ditumbuk halus, pada area kulit yang dikelilingi bilur atau ruam merah selam sk 3 kali sehari, secara rutin hingga biduran mereda

Daun sirih mengandung chavicol para allyphenol yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Sehingga cocok dipakai sebagai obat yang membantu meredakan ruam maupun gatal-gatal yang timbul akibat alergi atau biduran.

5. Cuka Sari Apel

Teteskan cuka sari apel ke kapas, lalu oleskan pada daerah yang terkena iritasi, gatal, dan ruam. 

Cuka apel memiliki kandungan zat antiseptik, anti-jamur, dan anti-bakteri, sehingga efeknya dapat mengurangi gatal, terutama pada kulit yang kering.


Sumber : Dari berbagai sumber

Foto : Istimewa