Bengkak Kelenjar Getah Bening


Jakarta
 (
Sehat Tanah Impian) - Limfadenopati atau Pembengkakan Kelenjar Getah Bening, membuat  rasa tidak nyaman pada penderitanya.

Kondisi tersebut sangat mungkin disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, atau virus, kelainan sistem imun, atau adanya sel kanker 

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening, biasanya terjadi di sekitar area leher, ketiak, atau di bawah telinga.

Karakteristik kelenjar getah bening yang bengkak, terasa lunak dan dapat digerakkan.

Inilah beberapa obat alami, yang dapat membantu meredakan pembengkakan  Bengkak Kelenjar Getah Bening, antara lain: 

1. Bawang Putih

Gunakan bawang putih dalam masakan, sedikit lebih banyak.

Ada baiknya, mengkonsumsi dua buah bawang putih setiap harinya.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile dapat membantu mengobati kelenjar getah bening bengkak. Chamomile Tea adalah obat alami kelenjar getah bening yang populer. Caranya cukup dengan minum 2-3 gelas teh chamomile per hari hingga pembengkakan membaik.

3. Cuka Apel dan Madu

Cuka apel adalah obat alami kelenjar getah bening yang dipercaya dapat mengatasi infeksi pada tubuh. Cukup campurkan satu sendok makan cuka apel dengan madu pada segelas air. Minumlah campuran ini dua kali sehari saat sarapan, dan sebelum tidur.

4. Jus Lemon dan Madu

Lemon dan madu sangat baik untuk mengatasi radang tenggorokan yang sering terjajadi, akibat kelenjar getah bening bengkak.

Campurkan segelas air hangat dengan perasan satu jeruk lemon, lalu tambahkan madu dengan takaran satu atau dua sendok teh. Minumlah saat dirasa perlu. 

5. Madu

Dapat digunakan terpisah atau bersama-sama, seperti poin 3 dan 4 di atas.

6. Baking Soda dan Garam Laut

Campuran Baking Soda dan Garam Laut dapat membantu mengempeskan pembengkakan kelenjar getah bening. Caranya, satu sendok teh Baking Soda dan satu sendok teh Garam Laut dalam segelas air. Minum larutan ini satu kali sehari sampai pembengkakan mengempis.

Obat Luar

1. Minyak Bawang Putih

Gunakan minyak bawang putih untuk dioleskan ke permukaan yang bengkak

2. Lidah Buaya

Cukup oleskan gel lidah buaya pada area bengkak, lalu tutup dengan kain selama 25 menit sebelum dibersihkan. Gunakan 2-3 kali dalam satu minggu untuk mendapatkan manfaatnya. Karena Lidah Buaya memiliki senyawa antiradang dan antibakteri.

3. Minyak kelapa

Senyawa dalam minyak kelapa memiliki manfaat antiradang, antibakteri, dan antivirus. Untuk menggunakannya sebagai obat alaar getah bening, cukup dengan menghangatkan minyak ini. Gunakan untuk memijat area yang bengkak dengan lembut.

4. Cuka Apel

Buatlah larutan dari satu sendok makan cuka apel dan segelas air hangat sebagai obat kompres pada kelenjar getah bening yang bengkak selama lima menit. Lakukan 1-2 kali dalam satu minggu.

Sumber : Dari berbagai sumber

Foto : Istimewa