Herbal

Sirih Merah : Obat Alami Diabetes

Jakarta (Sehat Tanah Impian) - Kegunaan daun Sirih Merah dimanfaatkan oleh Masyarakat Sleman secara turun temurun, yang digunakan untuk Obat Kencing Manis.

Berjalannya waktu, Masyarakat Sleman menggunakan sirih merah juga sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti Kanker, Asam Urat, Hepatitis, Kelelahan dan Maag, Peradangan,  Hipertensi (darah tinggi), dan ambien.
Mbak Mega Safithri dan Farah Fahma (Dua peneliti dari IPB) telah meneliti toksisitas ekstrak air daun sirih merah, dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah pada binatang tikus.
Dengan percobaan 200 gram daun sirih merah direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1. Yang mana daun sirih merah sangat aman untuk dikonsumsi.

Daun sirih merah sama halnya dengan hijau juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Manfaat tanaman ini dari Ivorra, M.D dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,” memiliki  senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah yang dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Perlu Dicamkan :
Tumbuhan / Hewan yang disarankan, hanya Tumbuhan Lokal / Hewan Lokal.
Hal ini mengingat kandungan Tanaman Lokal / Hewan Lokal yang tumbuh dan hidup di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini, sangat berpengaruh pada kandungan Tumbuhan / Hewan itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Foto : Istimewa
#ObatAlami
Sirih Merah : Obat Alami Diabetes Sirih Merah : Obat Alami Diabetes Reviewed by matahatinews on 23.13 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.